Thursday, December 20, 2007

Tips Mencegah Toksoplasma (Tips to avoid Toxoplasma)

Sampai saat ini, salah satu ketakutan terbesar ibu hamil atau yang sedang berecana untu hamil adalah infeksi toksoplama. Selain kucing, masih banyak hal yang dapat menyebabkan penyebaran infeksi toksoplasma.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita kerjakan untuk menghindarkan infeksi toksoplasma, baik itu anda memiliki kucing atau tidak dirumah...

1. Biasakan untuk selalu memasak daging secara matang. Kalau perlu ukur temperatur daging yang anda masak (lebih dari 60 derajat Celsius). Kalau tidak anda ukur suhunya pun, usahakan agar warna daging tidak lagi berwarna pink ditengah-tengahnya. Lalu pastikan juga jangan mencoba rasa masakan anda sebelum benar-benar dagingnya matang.

2. Jangan meminum produk susu segar yang belum diolah. Hindari juga memakan telur setengah matang.

3. Bersihkan atau kupas kulit buah-buahan dan sayur-sayuran sebelum dimakan.

4. Bersihkan semua wadah dan peralatan yang anda gunakan untuk mengolah daging, unggas atau produk seafood yang belum dibersihkan dengan air panas dan sabun.

5. Jangan menyentuh mulut, hidung atau mata anda selagi menyiapkan masakan, dan selalu mencuci tangan anda sebelum makan. Begitu juga bila anda memiliki luka terbuka pada tangan anda, usahakan gunakan sarung tangan pada saat sedang menyiapkan masakan.

6. Pastikan lalat dan kecoa atau serangga lainnya jauh dari makanan anda.

7. Hindari air minum yang terkontaminasi. Gunakan air yang dikemas pada saat anda sedang dalam perjalanan jauh.

8. Gunakan sarung tangan pada saat berkebun, dan jangan gunakan tangan anda sebelum anda mencucinya setelah selesai berkebun.

9. Jangan memelihara anak kucing atau kucing yang baru saat anda sedang hamil, dan jangan bermain dengan kucing yang tidak anda kenal.

10. Jika anda memiliki kucing atau hewan peliharaan lainnya, suruhlah orang lain untuk membersihkan kotorannya setiap hari. Bila harus anda, gunakan sarung tangan dan masker mulut. Siram tempat kotoran tersebut dengan air yang hampir mendidih sebelum anda melakukannya.

11. Untuk mencegah kucing anda terinfeksi saat anda sedang hamil, berikan makanan yang matang atau dari makanan kemasan yang dijual di supermarket. Jangan pernah memberikan makanan mentah. Kalau bisa tetap jaga berada dalam rumah.

12. Jauhkan kucing anda dari dapur atau meja makan. Selalu cuci tangan anda setelah bermain / menyentuh bulu kucing atau hewan peliharaan anda.


Sekian beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah tertular infeksi toksoplasma. Toksoplasma bukan hanya dapat ditularkan kucing saja, tapi dari berbagai binatang lainnya.


Sumber : www.tanyadokter.com


No comments: